Penyebab Batu Ginjal

Terbentuknya batu ginjal disebabkan oleh adanya pengurangan atau kurangnya volume pada urine atau kelebihan unsur senyawa yang membentuk batu dalam kandung kemih atau saluran urine. Batu ginjal mengandung susunan senyawa alami yang mengandung kalsium yang terdiri dari oxalate atau phosphate (fosfat) dan senyawa kimia lainnya yang mendukung pembentukan dari batu ginjal yang berada pada saluran kencing seperti asam urat (uric acid) dan amino acid cystine.

Kekurangan cairan dalam tubuh yang disebabkan kurangnya konsumsi air putih mineral dalam tubuh sehingga mempercepat pembentukan batu ginjal yang semakin meningkatkan resiko. Batu ginjal yang terbentuk akibat adanya infeksi di saluran kencing ini disebut dengan batu struvite atau batu infeksi.

Pria yang mendominasi penyakit batu ginjal memiliki resiko lebih besar terserang penyakit batu ginjal. Jika dahulu penyakit ginjal dan sejenisnya mendera pada pria yang memiliki rentang usia pada 70 tahun namun kini penyakit batu ginjal dapat menyerang pria ketika memasuki usia 40 tahunan dan kemudian akan berlanjut dan meningakat seiring bertambahnya usia. Jika pada seseorang yang sudah terdiagnosis memiliki batu ginjal dan kemungkinan memiliki lebih dari 1 jenis batu ginjal akan semakin meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal lainnya yang membuat jalannya saluran kemih menjadi terhambat karena adanya batu ginjal.

Faktor keturunan yang menjadi salah satu alasan seseorang terserang batu ginjal. Dalam sebuah keluarga yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal yang dimiliki orang tua akan menurunkan pada anaknya yang memiliki resiko 6 kali lebih besar. Namun kini faktor keturunan bukan menjadi salah satu alasan yang pasti seseorang mudah terserang batu ginjal, pola hidup, pola makan dan kebiasaan buruk yang dijalani sehari-hari pun juga dapat memicu timbulnya penyakit batu ginjal.

Penyebab timbulnya batu ginjal dikarenakan adanya kondisi yang beragam pada pembentukan batu ginjal :

1. Diketahui memiliki riwayat penyakit sebelumnya seperti penyakit gout atau asam urat yang disebabkan oleh adanya jumlah yang meningkat pada kadar asam urat dalam urine sehingga mempermudah pembentukan batu-batu asam urat.

2. Hypercalciuria (kadar kalsium yang tinggi dalam urine) Dalam kondisi ini, disebabkan karena banyaknya kalsium yang diserap dari berbagai sumber makanan yang kemudian masuk ke dalam urine dan membentuk batu-batu kaslium fosfat atau kalsium oksalat.

3. Kondisi lainnya yang meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal termasuk hyperarathyroridism, penyakit-penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga berhubungan dengan peningkatan risiko mengembangkan batu-batu ginjal.

4. Seseorang yang memiliki penyakit peradangan usus besar atau yang pernah menjalani operasi ostomy memiliki kemungkinan dalam pembentukan batu ginjal.

5. Efek samping dari konsumsi obat-obatan kimia secara terus-menerus juga dapat meningkatan resiko pada batu ginjal. Jenis obat-obatam yang memiliki resiko pada batu ginjal seperti diuretics, antacid yang mengandung kalsium, dan protease inhibitor Crixivan (indinavir), obat yang digunakan untuk merawat infeksi HIV.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Batu Ginjal and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>