Batu Ginjal Penyebab dan Pencegahannya

Penyakit batu ginjal (kidney stones) setiap tahunnya hampir mempengaruhi sekitar setengah juta orang dari total populasi penduduk di Indonesia. Penyakit batu ginjal memang lebih dominan menyerang kaum pria dibanding kaum wanita, jika pada kaum pria umumnya terjadi pada usia 30-50 tahun keatas.

Jika telah dirasakan oleh tubuh terserang gejala dari penyakit batu ginjal seperti :

1. Timbul tanda-tanda atau gejala seperti bengkak pada mata, kaki, nyeri pinggang yang sering dirasakan.

2. Sakit saat buang air kecil, volume air seni yang dikeluarkan sedikit dan berwarna kuning keruh. Pada sebagian orang terkadang air seni bercampur dengan darah, dan rasa sering buang air kecil.

3. Mengalami kelainan pada urine seperti protein, darah.eritrosit, sel darah putih/lekosit dan bakteri.

Penyakit batu ginjal dapat diatasi dengan melakukan cara sederhana sebagai berikut :

1. Mengurangi konsumsi daging

Protein hewani yang banyak dimiliki daging akan memberikan peluang yang cukup besar dalam terbentuknya batu ginjal. Untuk itu disarankan mengurangi konsumsi protein hewani yang dapat membantu menurunkan batu ginjal.

2. Banyak konsumsi minum air putih

Menurut para peneliti mengungkapkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap harinya minimal 1-2 liter per hari atau lebih dapat menurunkan resiko dari penyakit batu ginjal sekitar 40 % dibandingkan orang yang sedikit mengkonsumsi air putih.

Air putih akan membantu menghancurkan atau memecahkan batu ginjal yang ada pada ginjal atau ureter (saluran kemih) sehingga memperlancar proses pembuangan urine.

3. Membatasi konsumsi jus anggur dan minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda tinggi dapat meningkatkan resiko dari terbentuknya batu ginjal sama halnya jika mengkonsumsi jus anggur.

4. Melakukan diet sehat yang tinggi kalium dan magnesium

Dengan melakukan diet sehat yang konsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium dapat membantu mengurangi kemungkinan terserang batu ginjal.

5. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung pyridoxine dan magnesium

Untuk mengkonsumsi jenis suplemen ini, anda diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat petunjuk pemakaian dan dosis minum. Jika dikonsumsi secara bersamaan. Kedua suplemen ini dapat bekerja mengurangi okslaat, garam mineral yang berada di batu ginjal.

6. Membatasi atau mengurangi sedikit asupan kalsium dan garam

Dengan membatasi atau mengurangi sedikit asupan kalsium dan garam, merupakan suatu bukti langkah yang baik dalam mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal atau gejala sakit ginjal.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Ginjal dan Pencegahannya, Penyebab Batu Ginjal and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>